Mata Uang Terbanyak Diperdagangkan di Dunia Saat Ini

Mata Uang Terbanyak Diperdagangkan di Dunia Saat Ini – Selain nilai mata uang yang mungkin pernah Anda bahas sebelumnya, Anda bahkan mungkin penasaran untuk mengetahui mata uang mana yang paling banyak diperdagangkan atau diterima di seluruh dunia. Jadi, berikut ini adalah beberapa mata uang yang diperdagangkan teratas di dunia:

Diberikan di bawah ini adalah daftar semua mata uang yang banyak diperdagangkan di seluruh dunia. Khususnya daftar tersebut sesuai dengan Bank for International Settlements.

1. US Dollar (USD):

Mata Uang Terbanyak Diperdagangkan di Dunia Saat Ini

Ini adalah mata uang resmi Amerika Serikat (AS) dan merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Sesuai data, dari total perdagangan mata uang, mata uang AS terlibat dalam 87% perdagangan. Dolar AS juga disebut sebagai greenback dan ini memiliki cerita tersendiri. Mata uang itu diciptakan untuk membiayai perang saudara dan bagian belakangnya dicetak dengan tinta hijau dan karenanya disebut ‘greenback’. Menurut Bank for International Settlements, USD memiliki volume perdagangan $2,2 triliun setiap hari. Juga, ini adalah mata uang cadangan secara global yaitu dipegang oleh bank sentral global untuk melakukan transaksi harian maupun untuk tujuan investasi. Karena Dolar AS adalah mata uang AS, kinerja ekonomi negara serta faktor lainnya berperan dalam menentukan penilaian mata uang.

2. Euro (EUR):

Ini adalah mata uang resmi Uni Eropa dan sebanyak 19 negara dari 27 negara Uni Eropa menggunakannya. Ini juga merupakan mata uang cadangan terbesar kedua secara global. Fitur mata uang Euro: -Uang kertas Euro sama di seluruh zona Euro. -Dalam hal koin Euro satu adalah sisi nasional sedangkan sisi sebaliknya identik untuk semua.

1 Euro: 1,19 Dolar AS.

3. Japanese Yen (JPY):

Mata Uang Terbanyak Diperdagangkan di Dunia Saat Ini

Mata uang yang dikeluarkan oleh Bank of Japan ini berada di posisi ketiga dalam hal mata uang yang diperdagangkan secara global. Menurut Bank for International Settlements, volume harian rata-rata dalam Yen Jepang adalah $550 juta plus. Dalam bahasa Jepang ‘Yen’ berarti bulat atau lingkaran dan nama yang diberikan untuk mata uang ini bisa sangat terkait jika Anda membayangkan sosok koin standar. Mirip dengan dolar, mata uang Yen juga merupakan tempat yang aman karena ekonomi Jepang membanggakan suku bunga rendah, utang rendah serta perdagangan tinggi yang memberikan stabilitas pada Yen.

4. Great British Pound (GBP):

Great British Pound atau Pound Sterling adalah mata uang Inggris. Ini adalah mata uang tertua yang terus digunakan. Sesuai Bank of International Settlements, omset harian rata-rata dalam mata uang adalah $325 juta +. Mata uang GBP juga dikenal dan dipercaya stabilitasnya. Tidak lupa, mata uang telah sangat dipengaruhi oleh pemungutan suara Brexit pada tahun 2016 dan pada awal tahun 2021, nilai GBP atau Pound sterling telah surut hampir 15% dibandingkan dengan Euro dibandingkan dengan nilai sebelumnya pada saat itu. referendum tentang keanggotaan Inggris di UE pada tahun 2016.

5. Australian Dollar (AUD):

Mata uang paling populer kelima di dunia adalah Dolar Australia. Ini dikeluarkan oleh Reserve Bank of Australia yang berfungsi terutama sebagai mata uang komoditas. Alasan di baliknya adalah bahwa Australia melakukan ekspor batu bara, bijih besi, dll. Nilai AUD terutama berasal dari interaksi beberapa faktor seperti harga komoditas, paritas daya beli, peringkat kredit pemerintah, sentimen dan spekulasi, serta perbedaan suku bunga.

Kesimpulan: Sekarang mengapa dimengumpulkan informasi seperti itu, ini dapat menjadi penting bagi seseorang yang berdagang dalam mata uang dan dengan mempertimbangkan hal ini, ia kemudian dapat menurunkan risikonya dengan berdagang dalam mata uang yang lebih likuid. Jadi, mungkin untuk perdagangan yang optimal dan lancar, Anda dapat melakukan perdagangan dalam pasangan mata uang yang menentukan mata uang yang terdaftar.

Back to top